24 Ogos 2007

Marah Cakap Inggeris?

Pernah kuberikan satu komen di blog seorang teman maya ini berkenaan orang Indonesia bercakap dalam Bahasa Inggeris dengan orang Malaysia. Dalam kes tertentu, kerana ketidakfahaman antara satu sama lain, Bahasa Inggeris terpaksa digunakan buat menerangkan maksud sesuatu yang ingin disampaikan. Sungguhpun berasal dari bahasa yang sama, Bahasa Malaysia dan Bahasa Indonesia telah mengalami evolusi dan asimilasi yang pesat sejak zaman penjajahan, membawa haluan sendiri dan akhirnya kadang-kadang saling tidak difahami.

Namun, bukan itu yang ingin diperkatakan di sini tetapi ada sesetengah orang menggunakan dari Indonesia menggunakan Bahasa Inggeris sepenuhnya apabila bercakap dengan orang Malaysia ataupun sebaliknya. Mungkin mereka fikir mereka sangat moden dan mengikuti peredaran zaman semasa dengan bercakap bahasa itu. Bayangkan anda bertemu seorang yang tata rias dan busananya kelihatan sungguh bergaya dan bercakap Bahasa Inggeris dengan slanga yang menekankan huruf "r". Dengar pun berbelit lidah. Alih-alih, dia itu dari Jakarta. Marah tak? Gedik? Hmm.

Bagi orang Melayu, apabila orang Indonesia tidak bercakap dalam Bahasa Indonesia dengan mereka, seolah-olah seseorang itu melupakan bahasa sendiri. Nampak macam kurang beradab. Pernah kudengar seorang artis Indonesia yang tidak boleh dinamakan datang ke sini dan tidak habis-habis bercakap dalam Bahasa Inggeris. Apabila penyampai radio bertanyakan soalan di dalam Bahasa Malaysia, dia menjawab dalam Bahasa Inggeris.

Dulu, Yusuf Kalla datang ke sini tetapi banyak menyelitkan perkataaan Inggeris di dalam ayatnya. Macam orang Malaysia yang telah diracuni dengan Bahasa Rojak pula. Rexi Mainaki yang tersengih panjang setelah mendapat taraf kewarganegaraan tetap (permanent resident - PR) Malaysia pun suka menyelitkan perkataan Inggeris di dalam ayatnya. Kris Dayanti juga menyelitkan beberapa perkataan Inggeris di dalam lagu terbarunya. Adakah 'Bahasa Rujak' sudah menular ke sana?

6 ulasan:

  1. Sdr.

    Sekiranya anda mengakui di paragraf pertama bahawa benar B.Indo dan B.Mal sudah membawa haluan sendiri dan kadang-kadang tidak difahami, bagaimana pula boleh sdr. menjadi marah jika penutur B.Indo bertutur dengan penutur dari Malaysia dengan menggunakan B.Inggeris?

    Bukan tadi sdr juga yang katakan kedua bahasa berjiran itu sudah membawa haluan sendiri?

    Saya membaca blog sdr. dan darinya dapat saya simpulkan sdr cukup senang menggunakan bahasa Malaysia dengan baik dan teratur. Apakah itu rasional sdr. menggelar penutur B.Indo itu yang menggunakan B.Inggeris sebagai 'gedik'dan perasan moden? Adakah tatacara dan tertib sdr terhadap B.Malaysia memberikan lesen kepada sdr untuk menggelar penutur lain dengan label negatif?

    Saya kira sdr. berhak merasa marah secara individu, tetapi untuk menghina dan mencaci dengan label negatif pada saya kurang tepat tertibnya. Saudara katakan pada para 3, 'Sebagai orang Melayu, apabila ....nampak macam kurang beradab.'. Pernahkah mungkin sdr terfikir, warga Indonesia sangat setia kepada budaya Melayu dan kesetiaan kpd kebudayaan tidak semestinya hanya pada bahasa sahaja. Warga etnik Cina di Indonesia semuanya mempunyai nama berunsur kemelayuan dan semua etnik di Indonesia berkomunikasi sesama mereka dengan bahasa Indonesia (terkadang bahasa Inggeris dan bahasa daerah).

    Mungkin ada baiknya daripada mencaci rakan senusantara, sdr dapat memberikan komen proaktif dan bukan yang membinasakan. Dunia siber yang tidak bersempadan ini merupakan salah satu caranya berkomunikasi dalam B.Malaysia/Indonesia, merapatkan silatulrahim dan memberikan lebih banyak pendedahan kepada rakan-rakan dari Indonesia kosa kata B.Malaysia, dan sebaliknya.

    Sekian. Salam Nusantara.

    pencinta bahasa

    BalasPadam
  2. Pecinta Bahasa,

    Saya hormati pandangan anda. Jangan tersalah faham, tulisan saya tidak berniat memperlekehkan penutur Bahasa Indonesia, tetapi hanya untuk 'mencuit' sesetengah orang dari sana yang tidak tahu menggunakan bahasa yang sesuai di tempat yang sesuai.

    Saya sangat menghormati orang Indonesia. Walaupun sesetengah orang mengatakan Indonesia itu kurang berada, tidak tahu bertutur Bahasa Inggeris, tetapi mereka kaya budi bahasa (kecuali segelintir kecil yang membuat onar di sini) dan Bahasa Indonesia baku yang mereka gunakan jauh lebih tinggi daripada khalayak penutur Malaysia yang sudah bercelaru pemakaian Bahasa Malaysianya.

    Lihat saja iklan merdeka Indonesia seperti iklan Gudang Garam. Bahasa yang mereka gunakan sangat baik berbanding iklan di TV Malaysia yang saya rasa 'biasa' saja.

    Saya 'reserve my comment' berkenaan orang Cina (di Jawa) memakai nama berunsur kemelayuan.

    BalasPadam
  3. "Bagi orang Melayu, apabila orang Indonesia tidak bercakap dalam Bahasa Indonesia dengan mereka, seolah-olah seseorang itu melupakan bahasa sendiri. Nampak macam kurang beradab."

    ibarat peribahasa , semut di ujung lautan nampak,gajah di pelupuk mata tak nampak.

    tulisan diatas sepatutnya di tanyakan kepada bangsa melayu sendiri. SEkarang ni makin banyak orang yg dah tak respect bahasa melayu. asyik cakap dl bahasa inggris, konon-kononnya supaya m=nampak high class. macam mana nak bangga jadi oran melayu ,kalau cakap melayupun dah tak reti.

    Ada satu cerita, jiran saya ada cucu perempuan. Saya pun tanya kat budak tu. Adik apa nama? nenek dia cakap . Dia(cucu)tu tak cakap melayu, dia cakap orang putih. alamak...!!! dari kecil lagi dah di ajar untuk tidak menghargai bahasa melayu. Ternyata mereka lebih memilih bahasa inggris sebagai bahasa ibunda daripada bahasa melayu.

    *maaf kalau komen saya kurang sopan, dan juga penggunaan bahasa melayu (saya tengah belajar bahasa melayu.)

    BalasPadam
  4. Artikel yang anda buat sangat bagus.
    saya berasal dari indonesia.
    dan saya sudah beberapa kali mencoba menonton tayangan malaysia tanpa subtitle indonesia, atau mungkin artikel artikel dan website atau mungkin postingan yang berbahasa malaysia.
    terakhir, saya mencoba membuka website perguruan tinggi malaysia dengan menggunakan bahasa malaysia.
    namun bukan bermaksud merasa hebat atau sok inggris atau sok maju,
    bagi saya pribadi, jika diajukan dua pilihan, bahasa inggris atau bahasa malaysia, saya lebih memilih untuk meminta lawan bicara saya menggunakan bahasa inggris disamping bahasa malaysia.
    karena bahasa malaysia dan bahasa indonesia dalam kosa katanya telah lumayan jauh maknanya.
    seperti kata jimat versi indonesia dan versi malaysia yang sangat berbeda maknanya.
    oleh karena itu, untuk menghindari kesalahpahaman antar pengguna bahasa, saya lebih memilih bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya.

    mungkin kalian juga akan sedikit bingung dengan arti dari postingan saya ini.
    sama juga seperti saya yang kesulitan memahami postingan berbahasa malaysia

    maka dari itu, saya rassa itu adalah pilihan pribadi masing-masing individu.
    jika memang menggunakan bahasa inggris memperkecil tingkat kesalahpahaman, kenapa tidak ? :)

    salam persahabatan dari indonesia :)

    BalasPadam
  5. maaf sebelumnya, saya tidak suka dengan postingan anda dengan menyebut "Mungkin mereka fikir mereka sangat
    moden dan mengikuti peredaran zaman
    semasa dengan bercakap bahasa itu".
    Di indonesia kami berbahasa inggris bukan sok modern, tapi bahasa inggris adalah bahasa internasional, dan kami tetap mencintai bahasa indonesia sebagai bahasa ibu dan bahasa pemersatu. Bahkan setiap daerah di indonesia mereka masih banyak yang menggunakan bahasa daerah dan bahasa indonesia. Bahasa inggris hanya bahasa pendatang yang tidak wajib kami pelajari. Justru kami wajib belajar menggunakan bahasa indonesia dengan baik. Maaf sebelum nya bukan saya mau menyombongkan diri, saya bisa bahasa melayu malaysia dan melayu indonesia karena saya tinggal di sumatera tepatnya di provinsi jambi yang kebetulan adalah suku melayu dan hampir semua kata itu sama,hanya bedanya melayu jambi di akhiri huruf "O" sedangkan melayu malaysia di akhiri huruf "E", contohnya "Nak kemano? (jambi) - nak kemane (Malaysia), saya bisa bahasa daerah (jawa) karena saya kelahiran jawa, saya bisa bahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa internasional, justru saya malu ketika saya tidak bisa menggunakan bahasa indonesia dengan baik, tapi malah saya berbahasa inggris dengan baik.
    Saya juga maukasih tau kepada kamu asal mula bahasa melayu malaysia. Bahwa bahasa melayu malaysia berasal dari kerajaan sriwijaya yang ada di palembang (sumatera)indonesia. Yang membawa bahasa melayu ke malaysia adalah raja terakhir yaitu raja parameswara yang kala itu melarikan diri ke semenanjung melayu, dan kemudian parameswara mendirikan kesultanan melaka pada tahun 1402. Dan bahasa melayu kuno yang di bawa oleh raja parameswara ini lah yang membuka dan memuluskan bahasa melayu menjadi bahasa nasional malaysia dan indonesia.
    Maaf jika komentar saya menyinggung anda. Jujur saya punya banyak teman anak-anak malaysia, ketika mereka mengunjungi indonesia dan kami berkumpul mereka lebih senag menggunakan bahas indonesia daripada bahasa malaysia, walaupun mereka tau bahwa saya bisa bahasa melayu. Saya masih ingat ketika saya bertanya kepada salah satu teman saya yang orang malaysia. Saya tanya "kenapa kamu lebih suka pakai bahasa indonesia?kalau kalian bicara bahasa melayu kan aku tau artinya" dia jawab bahasa indonesia tapi dengan logat melayu "aku lebih suka bicara dengan bahasa indonesia dan lebih nyaman, di kantor aku pakai bahasa malaysia tapi dirumah aku pakai bahasa indonesia meskipun aku orang malaysia" habis itu aku hanya menjawab "terimakasih sudah mencintai bahasa indonesia".
    Jadi saya tegaskan sekali lagi kami bukan berlaga modern dan mengikuti zaman, tapi bahasa inggris adalah bahasa internasional yang katanya harus dimengerti.

    -salam satu rumpun satu nusantara-

    BalasPadam
  6. ,Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    BalasPadam

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...